TUGASBadan Ekonomi Kreatif Indonesia

Deputi Akses Permodalan

Berdasarkan Peraturan Kepala Badan Ekonomi Kreatif No. 1/2015 Pasal 70, Deputi Akses Permodalan mempunyai tugas merumuskan, menetapkan,mengoordinasikan, dan sinkronisasi kebijakan dan program terkait akses permodalan ekonomi kreatif.

Dalam melaksanakan tugasnya, Deputi Akses Permodalan menjalankan beberapa fungsi, yaitu:

  • Perumusan, penetapan, dan pelaksanaan kebijakan dan program terkait akses permodalan ekonomi kreatif.
  • Koordinasi, sinkronisasi perencanaan, pelaksanaan kebijakan dan program terkait akses permodalan ekonomi kreatif.
  • Pengawasan atas pelaksanaan kebijakan dan program terkait akses permodalan ekonomi kreatif.
  • Pemberian bimbingan teknis dan supervisi atas pelaksanaan kebijakan dan program terkait akses permodalan ekonomi kreatif.
  • Pelaksanaan pembinaan dan pemberian dukungan kepada semua pemangku kepentingan terkait akses permodalan ekonomi kreatif.
  • Pelaksanaan komunikasi dan koordinasi dengan pihak lain yang terkait di dalam dan luar negeri untuk akses permodalan ekonomi kreatif.
  • Pelaksanaan fungsi lain yang ditugaskan Kepala.

Deputi ini menyediakan fasilitasi untuk pelaku ekonomi kreatif dari enam belas subsektor dalam mendapatkan akses pada sumber atau pemilik modal. Para pelaku ekonomi kreatif bisa mendapatkan akses permodalan dalam berbagai macam bentuk, hibah, modal ventura, atau pinjaman dari bank.

Program utama deputi ini adalah mempertemukan pemilik dana atau investor dengan para pelaku ekonomi kreatif. Selain itu, Deputi Akses Permodalan juga melakukan pendampingan terhadap para pelaku industri kreatif dalam bentuk capacity building, terutama tentang hal yang berkaitan dengan pengetahuan bisnis dan pengelolaan keuangan.
 
Deputi Akses Permodalan membawahi dua direktorat, yaitu Direktorat Akses Perbankan, dan Direktorat Akses Non-perbankan.


BAGIKAN

Top