Bekraf, Surabaya – Melanjutkan
kesuksesan Kreatifood 2018 tahun lalu, maka pada tahun 2019 ini Badan Ekonomi
Kreatif (Bekraf) kembali memberikan dukungan terhadap para pelaku kreatif
Indonesia di bidang kuliner melalui kegiatan Kreatifood Expo 2019 yang diadakan
di Ciputra World Mall, Surabaya pada Jumat (12/7/2019) sampai Minggu (14/7/2019).
Kuliner sebagai salah satu
subsektor penopang ekonomi kreatif, kontribusinya terhadap peningkatan Produk
Dometik Bruto (PDB) cukup besar. Menurut data Badan Pusat Statistik (BPS) tahun
2016, kuliner menyumbang sebesar 41,4 % dari seluruh total PDB eknomi kreatif
atau sekitar 381 triliun. Selain itu laju pertumbuhan sektor kuliner juga cukup
tinggi yaitu 7,45 % dan mampu menyerap lebih dari 7,9 juta tenaga kerja.
Dalam rangka mengembangkan produk
kreatif kuliner, Badan Ekonomi Kreatif melalui Deputi Pemasaran Direktorat
Pengembangan Pasar Dalam Negeri, bersama dengan penggerak-penggerak kuliner
nasional yang tergabung ke dalam Foodlab Indonesia, membentuk wadah bagi usaha
rintisan kuliner yakni FoodStartup Indonesia. Kreatifood ini merupakan hasil
kolaborasi Bekraf dan Perkumpulan FoodStartup Indonesia untuk mempromosikan
produk-produk hasil kurasi dari kegiatan FoodStartup Indonesia.
“Dari Bekraf, Deputi Pemasaran
memandang sangat perlu mempertemukan para startup kuliner untuk memperlancar
akses pasarnya dengan para calon distributor. Untuk yang tahun 2019 ini, kita
adakan di Surabaya karena Surabaya itu ternyata potensinya menurut penelitian FSI
paling gede setelah Jakarta.” ungkap Direktur Pengembangan Pasar Dalam Negeri, Yuana
Rochma Astuti.
Kreatifood Expo 2019 ini diikuti
oleh 144 pelaku ekonomi kreatif kuliner dan terbagi ke dalam 5 zona yaitu: zona
ready to eat, zona ready to drink, zona ingredients, zona food
service, dan zona food innovation. Pelaku ekonomi kreatif akan
diberikan kesempatan untuk memasarkan produknya pada Kreatifood Expo 2019 di
Surabaya. Kreatifood Expo 2019 akan menjadi wadah showcase produk-produk Foodstartup
Indonesia yang telah melalui proses kurasi dari kurator Bekraf.
Fokus pada kegiatan Kreatifood
Expo 2019, selain mengenalkan produk-produk unggulan dari Foodstartup
Indonesia, adalah menambah jaringan pemasaran melalui proses kerjasama atau business
matching, franchise atau reseller dengan akses/pelaku
pemasaran (reseller, distributor, modern market) yang diundang datang
ke Kreatifood Expo 2019 oleh Perkumpulan Food Startup Indonesia. (val)