Bekraf, Jakarta—Asia Content
Business Summit (ACBS) 2019 menghasilkan Joint Statement yang akan dijadikan landasan pengembangan industri
konten Asia. Kerja sama akan dilakukan mulai dari pra-produksi, produksi,
pasca-produksi, distribusi, dan promosi konten di kawasan.
Asia Content Business Summit (ACBS) 2019 mempertemukan antara
pembuat kebijakan, aktor kreatif, sektor swasta, komunitas, akademisi, dan
media untuk berbagi informasi tentang perkembangan terbaru dalam lingkup global
dan regional, khususnya untuk industri konten serta membahas strategi untuk
mendorong kesepakatan industri dan juga tantangan yang dihadapai, melalui
kolaborasi untuk keuntungan bersama.
Deputi
Hubungan Antarlembaga dan Wilayah Endah Wahyu Sulistianti mengatakan acara ini
sangat bermanfaat untuk pengembangan industri konten Indonesia. Dengan adanya
peningkatan kolaborasi antar para pemangku kepentingan dalam industri konten,
maka ekosistem ekonomi kreatif akan meningkat. Kami dengan antusias menyambut
inisiatif untuk memperkuat pekerjaan kami melalui berbagai bentuk implementasi.
“Pertemuan ini menghasilkan sebuah
pernyataan bersama, yang menyatakan bahwa masing-masing anggota sepakat untuk
menghubungkan pemerintah, lembaga pendidikan dan sektor swasta untuk memperluas
platform ACBS dan terus meningkatkan pelatihan, produksi, distribusi,
pembiayaan, pemasaran, dan promosi secara bersama satu sama lain dengan tujuan
pengembangan lebih lanjut industri konten Asia,” ungkap Endah saat konferensi
pers penutupan ACBS 2019 dan AKATARA 2019 di Golden Ballroom 2 The Sultan Hotel
& Residence, Jakarta, Sabtu (21/9/2019).
Lebih lanju Endah menjelaskan
anggota yang berpartisipasi akan bergabung untuk membantu menciptakan konten
menggunakan metode berkelanjutan, hijau, beragam budaya dan memanfaatkan ilmu
pengetahuan dan teknologi terbaru untuk semua tahap pembuatan konten termasuk
pra-produksi, produksi, pasca-produksi, distribusi dan promosi.
Dalam penutupan ACBS 2019,
diserahkan pula penghargaan sebagai bentuk apresiasi kepada film makers yang
karyanya ikut berpartisipasi dalam ACBS Film Festival 2019 yang digelar di fX
Sudirman pada Kamis-Sabtu (19-21/9/2019).
Asia Content Business Summit (ACBS) merupakan platform Pan-Asia
pertama yang mempromosikan pengembangan media kreatif dan industri konten
antarnegara di Asia (yaitu Indonesia, Jepang, Cina, Hong Kong, Taiwan, Korea
Selatan, Singapura, Malaysia, Filipina, India, dan Thailand). ACBS yang tahun
ini digelar di Indonesia merupakan penyelenggaraan ke-7. Acara ini bertujuan
untuk meningkatkan dan mengembangkan industri konten di Asia dan berupaya membawa
para pemangku kepentingan terkait dari Asia dengan tujuan memfasilitasi kerja
sama dan kolaborasi yang melibatkan pemerintah dan sektor swasta dalam industri
konten.
Acara yang dilaksanakan berbarengan dengan Akatara: Indonesians Film Business and Market ini terdiri atas pertemuan, konferensi, dan film festival. Acara yang digelar dengan menggandeng Salon Films Hong Kong dan Kementerian Perdagangan dan Industri (METI) Jepang ini mengusung tema Story of Asia: Strengthening the Competitiveness Together yang membahas empat isu utama, yakni kebijakan, pengembangan skill, bisnis model baru, dan kolaborasi kawasan.